Belajar dari Greene-Elffers

aku membaca artikel tentang 48 hukum kekuasaan. aku ingin mencatatnya di sini untuk kita dalami, tidak hanya direnungkan. aku meyakini perenungan tidak membuahkan sesuatu apa, kecuali tanya. maka mari mencatat kata “kekuasaan” di bagian lain otakku, karena kekuasaan (power) itu juga “entah”, relatif. jadi, 48 cara menggapai kekuasaan itu tidak lebih dari 48 cara menghindari kata “entah”.satu poin –yang dalam 48 pasal buatan robert greene dan joost elffers itu disebut law– yang aku sangat senangi adalah ajaran keenam. katanya, “Everything is judged by its appearance; what is unseen counts for nothing.” Sungguh, tak ada yang bisa diartikan dari sesuatu yang unreal, tak terbaca, terlihat, terdengar atau tak teraba.
aku ingin selalu orang-orang menilaiku dari apa yang ada padaku, bukan yang tak ada padaku. how? butuh waktu membuat orang mengerti sebaik apa diri kita bila pernah berbuat salah, tetapi hampir sama sekali tidak butuh waktu bagi orang mengetahui kesalahan kita walaupun pernah menebar banyak kebaikan.

 

so, aku ingin tunjukkan kebaikan sebanyak aku mampu tunjukkan kesalahan. berani? siapa takut? yang pasti aku tak mau menjawabnya dengan kata “entah” karena aku sedang belajar membuangnya dengan 48 hukum greene-elffers itu.
lalu baca lagi pasal lainnya yang mengatakan bahwa to maintain ur independence u must always be needed and wanted. aku ingin sekali menciptakan itu sebelum aku membaca pasal-pasal lainnya.

 

sementara, cukuplah dua pasal itu yang kita dalami. aku ingin selalu tak terkubur di tengah keramaian, menjadi magnet dan tak membagimu terlalu banyak hal.(*)

Tinggalkan Balasan

