Nguber Sun Tsu

Aku benar-benar capek sehingga beberapa pekan tidak berbuat sesuatu pun untuk blog ini. Aku memerlukan tambahan kapasitas, kayaknya (entah kapasitas apa). Aku merasa ingin tidur di atas riak air laut. Sheeh…!

Satu kutipan ini aku dapat di saat capek: Kemarahan dan ketamakan adalah penyebab kekalahan. Ini ajaran Sun Tsu. Apakah aku kalah (baca: capek) kali ini karena aku suka marah-marah atau justru otakku terlalu tamak? Maksain konek, ya?

Tapi Sun Tsu memang ikut membuat aku capek bahkan pontang-panting dalam beberapa hari ini. Aku mencari bukunya yang terbitan Gramedia, sesuai petunjuk seorang rekan, yang ternyata tidak aku temukan di kotaku. Entah sudah berapa toko buku yang aku keluarmasuki dan buku yang kucari tak kutemukan.

Aku menemukan banyak buku tentang ajarannya, tetapi tidak ada yang terbitan Gramedia. Lantas aku tanya seorang teman, seorang Cina. Dia mengangguk: Punya! “Tapi dalam bahasa Mandarin”. Buset! Kenapa tidak sekalian beri aku yang berbahasa ular biar sekalian aku kursus parseltongue pada Harry Potter. Lalu aku buka toko online-nya Gramedia, juga tidak ada yang judulnya seperti diberikan seorang teman itu. Dasar, dasar, dasar!!!

Mau belajar seni perang Sun Tsu malah tambah capek aku. Tambah bego!

Gambar Sun Tsu bisa muncul di sini karena Wiki (English) dong… bagus.

Iklan

2 thoughts on “Nguber Sun Tsu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s