Dari Sheldon ke Dan Brown

Walaupun menyukai buku-buku Sidney Sheldon, aku tidak pernah benar-benar terkesan dengan ceritanya karena tak satu pun yang masih kuingat sampai sekarang, termasuk novelnya yang terakhir (sekitar tiga bulan lalu) aku baca, Tell Me Your Dreams –aku baca versi bahasa Indonesia, tentu. Hanya saja, dari sekian banyak penulis cerita asing –di luar komik dan bacaan anak-anak lainnya– hanya Sidney Sheldon yang pernah benar-benar aku cari bukunya dan aku beli. Waktu itu aku di bangku SMA. Judulnya: The Sands of Time –judul ini aku ingat kembali belakangan usai berkunjung ke bapak yang satu ini.

Aku tidak begitu ingat kenapa aku membelinya –entah karena baca cerber di Kompas atau karena sandiwara radio (waktu itu RRI) yang kuingat judulnya Bulir-bulir Pasir di Laut. Yang jelas, aku sudah lupa isi cerita The Sands of Time itu seperti aku juga melupakan judul bahasa Indonesianya. So, ini yang tidak aku lupa: Novel pertama yang aku beli dengan uang jajanku adalah karangan Sheldon. Aku mengenang buku itu seperti aku mengenang Tenggelamnya Kapal van Der Wijck, cerita berbobot pertama kali yang aku baca sampai tuntas saat aku masih SMP.Aku menyukai buku sejak lama. Saat SD, aku lahap sekali membaca, mulai dari kisah tentang Zorro, Sinbad, sampai ke petualangan Winnetou dan Old Shatterhand. Aku lupa siapa yang nulis Zorro dan Sinbad, tapi aku ingat Karl May, yang menulis cerita tentang dua nama terakhir itu. Ketika SMP aku mengenal karya Hamka dan sastrawan lainnya. Tapi, buku-buku mereka tidak pernah aku beli, selalu pinjaman pustaka, teman, atau dapat main comot dari berbagai tempat.

Lompat cerita, sejak kuliah sampai tamat aku tak pernah lagi beli buku Sheldon. Aku lebih tertarik pada John Grisham, JK Rowling atau –yang terakhir naik daun– Dan Brown. Jujur, aku mengenalnya lewat The Da Vinci Code. Namun, setelah membaca kembali tentang Sheldon di sini aku berniat membeli buku yang ini: The Other Side of Me. Mungkin, sebelum tutup usia pada 30 Januari lalu, dia meninggalkan sesuatu untuk aku pelajari agar bisa menjadi penulis terkenal seperti dia. Ada yang mau kirimi aku buku itu?

Tinggalkan Balasan

