Blogger vs Blogger: Kathy Sierra

 

Aku baru saja mulai menyenangi kesibukan bikin blog ketika berita ini muncul di BBC News –tahu tidak, aku sering baca BBC online karena dia lengket dengan baik sebagai Latest Headlines tab di layar browser-ku. Seorang blogger kawakan, Kathy Sierra, pemilik Passionate; Creating passionate users, dihantui sejumlah ancaman, termasuk ancaman pembunuhan. Satu yang menarik minatku adalah kabar yang menyebutkan bahwa ancaman itu dibidikkan kepadanya karena ia seorang blogger.

Aku buka blog-nya, berjumpalah aku dengan postingan ini:

Death threats against bloggers are NOT “protected speech” (why I cancelled my ETech presentations)

Di dalamnya, aku menemukan kutipan seperti ini:

As I type this, I am supposed to be in San Diego, delivering a workshop at the ETech conference. But I’m not. I’m at home, with the doors locked, terrified. For the last four weeks, I’ve been getting death threat comments on this blog.

Kasihan dia. Ketakutan sekali dia. Tapi dia masih tegar dengan mengatakan bahwa ancaman pembunuhan belum membuatnya surut. Yang bikin tambah down adalah postingan jorok di blognya. Ini salah satunya:

Keterlaluan kan orang-orang yang mengancamnya itu? Inilah hal lain yang bikin aku terperangah. Kuat dugaan –begitu bahasa jurnalistiknya– ancaman-ancaman itu di-posting oleh orang-orang yang juga sedang tersohor sebagai blogger. Kalau itu benar…,

Kesimpulanku:

Musuhnya blogger adalah blogger itu sendiri. Musuhnya ketenaran adalah ketenaran.

Kalau ancaman itu berlangsung terus, si Kathy ini menyatakan tidak mau di blogosphere lagi. Aku yakin, saat Kathy benar-benar berhenti ngeblog, musuhnya sesama blogger pasti tertawa lebar. Itu artinya Kathy habis.

Satu hal lagi: Baru kali ini aku melihat satu blog dikomentari sebanyak 727 kali (aku membacanya pada pukul 24.00 WIB, Selasa (26/3). Comment sebanyak itu ya baru kutahu hanya ada di postingan Kathy yang terakhir itu, tentang death threats… itu. (Coba lihat baru berapa orang yang komen di blogku? Hi hi hi…)

Eh, mendadak aku jadi ingat Mbok yang satu ini: Mars vs Venus. Dia baru tertimpa tangga dan jatuh di dalam lautan spam. Apa kabar, Mbok? Apakah itu teror dari para blogger yang tidak mau ketenarannya disaingi kamu? Lawan mereka, Mbok.

foto-foto di atas aku ambil dari blognya si Kathy Sierra, tanpa izin lagi

(ctt: tulisan ini diposting ulang karena suatu kesalahan teknis semata)

One thought on “Blogger vs Blogger: Kathy Sierra

Tinggalkan Balasan

