Bila Hanya Catatan Pinggir

Saya bukan pelanggan majalah Tempo. Kantor saya yang berlangganan. Saya hanya orang yang setia setiap pekan menunggu majalah itu terbit dan tak pernah luput membaca Catatan Pinggir Goenawan Mohamad (GM).

Hampir setiap edisi Tempo saya beli. Masalahnya, kini saya sering kurang suka Tempo. Tempo mulai kurang tajam dan jarang menurunkan hasil liputan investigasi. Malah kebanyakan advertorial (inforial) pemerintah pusat dan daerah. Karena itu, belakangan saya sering jengkel membeli majalah Tempo tanpa tulisan menarik, kecuali Catatan Pinggir.

Nah, kini saya tak perlu repot-repot lagi, tak perlu marah-marah lagi bila ketemu majalah Tempo yang tidak menarik. Saya bisa buka-buka sedikit Tempo di kantor sebelum memutuskan untuk membelinya atau tidak.

Kalau tidak ada yang menarik, saya tak membelinya. Catatan Pinggir-nya? Ada Andreas Iswinarto yang membuat daftar 35 sumber bacaan (e-book) gratis (saya tahunya dari milis jurnalisme) di blognya. Tercantum juga di situ link ke blog Catatan Pinggir GM.

Oh, ya, juga ada tentang Tan Malaka dan buku-buku tentang Che Guevara, dan lain-lain.

Thanks untuk Andreas. Sungguh link-link yang Anda masukkan itu sangat bermanfaat.

2 thoughts on “Bila Hanya Catatan Pinggir

Tinggalkan Balasan

