Mantan Wapres Adam Malik Agen CIA?

buku_cia_okSaya pengagum seluk-beluk kerja intelijen. Itulah sebabnya, begitu tersiar kabar Adam Malik (almarhum) pernah menjadi agen CIA (Central Intelligence Agency, dinas rahasia AS), saya langsung mencari-cari tahu lebih banyak lagi ceritanya. Di kalangan blogger berita ini juga jadi perbincangan heboh.

Maka, bergegaslah saya ke tempat kerjanya Pak Alvin untuk menemukan buku Membongkar Kegagalan CIA: Spionase Amatiran Sebuah Negara Adidaya yang ditulis Tim Weiner itu. “Buku kontroversial, ya…,” ujar karyawan Gramedia ketika mengarahkan saya ke rak tempat buku-buku tersebut dipajang.

[Lumayan, harga Rp 120 ribu didiskon 30 persen jadi hanya bayar Rp 84 ribu. Itu karena Gramedia Jambi sedang merayakan ultah pertama. Sering-sering dong ultahnya. He he he. Bukunya tebal sekali, 833 halaman.]

Maka sampai di rumah, buru-buru saya buka halaman yang sudah saya ingat-ingat dari beragam informasi: 330. Benar saja. “Saya merekrut dan mengontrol Adam Malik.” Kalimat itu diucapkan Clyde McAvoy, seorang pejabat tinggi CIA, dalam suatu wawancara dengan sang penulis buku pada 2005.

Kata Weiner, Adam Malik direkrut Avoy pada 1964 untuk kepentingan perang terhadap ajaran komunis. Waktu itu, Amerika memang sedang takut-takutnya dengan komunisme. Tugas Adam Malik untuk CIA itu dikaitkan pula dengan pemberontakan yang dikenal dengan sebutan G30S (Gerakan 30 September 1965). Adam Malik, menurut Weiner, pernah menerima dana Rp 50 juta dari CIA.

Bila benar Adam Malik agen CIA di masa-masa pergolakan 1960-an, saya kecewa. Sebagai pengagum Adam Malik, Bapak Bangsa dengan sederet catatan prestasi di bidang diplomasi dan pernah jadi wakil presiden kita itu, saya terluka.

Tetapi saya tetap mengagumi beliau, baik sebagai diplomat maupun agen intelijen (bila ini benar). Sebagai agen intelijen (sekali lagi, bila ini benar), begitu rapi beliau memainkan perannya sampai tutup usia. Begitulah cara kerja intelijen, bukan?

Untuk membuktikan Adam Malik agen CIA tentu akan sangat sulit. Dibutuhkan operasi intelijen yang lebih rapi lagi. Tetapi, untuk kepentingan sejarah, Indonesia harus membuktikan benar tidaknya tulisan Tim Weiner itu.

Jangan hanya membela atau pun ikut menuding dengan omongan belaka, tanpa kajian dan upaya mengorek bukti-bukti, data dan fakta-fakta. Masyarakat Indonesia harus tahu yang sebenarnya tentang Adam Malik, salah satu tokoh terbaik bangsa ini.

Beberapa postingan blogger lainnya soal ini:
Adam Malik, Agen CIA? by Kangtutur
Adam Malik Agen CIA? by Syukriy Abdullah
Adam Malik Dituduh Agen CIA by My Word, My World, My Web
Adam Malik dan CIA by Polos

Apa pendapat Anda?

Iklan

11 thoughts on “Mantan Wapres Adam Malik Agen CIA?

  1. Mas, saya beli ngak dapet discount euy…hehehehe. Tapi pas beli barang ngak ada, tapi Gramedia Mal Jameson Kb. Jeruk Jakarta ngasih solusi. Begini saja bu (istri saya yg ngebeliin 🙂 ) ibu indent aja, paling besok sudah ada. Istri saya bilang, diantar ya mbak, mbaknya ngak janji, tapi pada sore harinya sudah diantar. Gila bagus banget pelayanannya dan laris banget ya buku ini…Sejarah, sejarah, sejarah tinggal sejarah kecuali menjadi kebenaran ya mas. Mohon ijin pasang url mas di blogroll aku ya.

  2. Tulisan Tim Weiner bukan hanya menjadi persoalan keluarga almarhum Adam Malik, tapi juga menjadi tanggungjawab bangsa ini.

    Sbb tulisan tersebut harus diluruskan sesegera mungkin. Jika betul, harus katakan sebenarnya. Jika salah, lakukan jalur hukum.

    Tulisan tsb bukan hanya mencoreng nama keluarga besar Adam Malik secara pribadi. Tapi jga negara ini.

    Salut deh, tulisannya. Mantapppppppp

  3. Bang, kok buku ini seperti mengegerkan ya???
    Padahal yg berkaitan dengan Adam Malik, hanya ada di sub bab mengenai “Kami Hanya Menungganngi Ombak itu ke Pantai”. Dari 832 halaman, hal yg terkait hanya ada dari halaman 329 – 334. Tapi mengguncang banget ya…Dan bikin banyak orang kebakaran jenggot.

  4. Soeharto dan Adam Malik adalah pengkhianat bangsa. hapus saja namanya dari sejarah indonesia.
    saya paling tidak bisa memberi toleransi kepada seorang pengkhianat.

    Oh,, soekarno ku,
    malangnya engkau…

  5. makanya disebut si kancil…
    apa mungkin CIA nya yang dimanfaatkan?
    tapi sepertinya bukan intelijen CIA, menurut cerita dari pengalaman pribadi.

  6. nobody is perfect.. positive thinking aja deh.. kalo bener iya beliau ex-agent CIA.. tolong dimaafin..jangan dihapus namanya dari sejarah Indonesia..liat juga donk hasil2 karya n pemikiran positif beliau buat bangsa ini..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s