Salut, Tukang Survei!

sby

Salut! Para tukang survei itu benar-benar ikut memenangkan SBY-Boediono dengan cara yang elegan. Mereka mencitrakan kemenangan SBY jauh sebelum masa kampanye dimulai sampai ke hari-H pencontengan.

Terakhir, mereka ramai-ramai merilis quick count yang menempatkan SBY unggul dengan menguasai sekitar 60 persen suara.  Padahal, penghitungan oleh KPU masih berjalan. Mereka berani menjamin, hasil itu tak akan meleset jauh.

So, tak ada alasan lagi menolak kemenangan SBY itu –walaupun baru quick count alias hitungan cepat. Seperti pemilu-pemilu sebelumnya, quick count itu tak meleset jauh dari hasil hitung manual.

Jadi, tak perlulah menunggu hasil hitung manual oleh KPU untuk mengakui kemenangan SBY. Kita hanya perlu menunggu hari pelantikan untuk menyatakan SBY Presiden RI periode berikut dengan Boediono sebagai wakilnya.

Berbesar hatilah, Pak JK, Wiranto, Bu Mega dan Prabowo. Ucapkan selamat untuk SBY sementara menunggu hasil KPU.

Banyak kecurangan? Oke-oke, silakan lapor agar demokrasi kita tercatat bersih. Jangan pula lengah sementara KPU sedang hitung manual. Tetapi harus pula dimaklumi bahwa tak ada demokrasi yang benar-benar bersih di dunia ini. Pasti ada noda, sengaja atau tidak.

Kita masih beruntung karena penodaan pemilu kita tidak dilakukan secara sistematis oleh penguasa atau calon penguasa otoriter dan diktator. Saya melihat bahwa noda-noda yang muncul lebih karena kita masih belajar membuat sistem pemilu yang baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s